BLT tahap 3 Tak Kunjung Cair Juga, Kemanakah Dananya?

BLT tahap 3 Tak Kunjung Cair Juga, Kemanakah Dananya?

Bantuan langsung tunai (BLT) bantuan subsidi upah (BSU) Rp 600 ribu per bulan tahap 3 tak kunjung cair hingga saat ini.

 

 

Padahal, pencairan tahap 3 mulanya direncanakan pada Jumat pekan lalu dan dijadwalkan kembali pada Senin ini. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebelumnya mengatakan, berdasarkan perhitungannya BLT akan cair pada hari ini setelah melakukan pengecekan data pekerja.

 

 

"Kami akan menggunakan 4 hari itu, dihitung-hitung kira-kira akan bisa dilakukan Senin ya (ditransfer), karena 4 hari kerja kami punya waktu untuk melakukan checklist terhadap data pekerja yang diserahkan oleh BPJS Ketenagakerjaan," katanya dalam keterangan tertulis Sabtu lalu (12/9/2020). Kemenaker sudah menerima sebanyak 9 juta data nomor rekening BPJS Ketenagakerjaan. Sebanyak 9 juta data nomor rekening ini terbagi dari gelombang 1 sebanyak 2,5 juta, gelombang 2 sebanyak 3 juta, dan BLT tahap 3 sebanyak 3,5 juta data nomor rekening. Adapun total peserta penerima BLT Rp 600 ribu ditargetkan sebanyak 15,7 juta orang.

 

 

Ida mengatakan, bantuan subsidi gaji batch 1 sudah ditransfer kepada 2,5 juta peserta, batch 2 sebanyak 3 juta peserta. Dia menjelaskan bahwa bantuan batch 3 jumlahnya lebih banyak sehingga pihaknya membutuhkan waktu untuk memastikan kesesuaian data. "Batch ke 3 ini BPJS (Ketenagakerjaan) menyerahkan kepada kami 3,5 juta (data nomor rekening). Dan waktu yang diberikan 4 hari. Kami akan menggunakan waktu 4 hari, karena jumlahnya lebih banyak, kami butuh memastikan kesesuaian datanya," tambah Ida.