Awas, Bahaya Listrik di atap Baja Ringan!!

Awas, Bahaya Listrik di atap Baja Ringan!!

Atap baja ringan sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Khususnya untuk Anda yang sering menangani konstruksi rumah atau renovasi besar-besaran rumah, pasti sudah mengetahui seluk-beluk kegunaan atap baja ringan itu sendiri. Yang awalnya atap rumah biasa menggunakan kayu, sekarang atap rumah menggunakan baja ringan seiring dengan kemajuan teknologi dan zaman yang terus berkembang.

Rangka atap baja ringan mempunyai fungsi yang kurang lebih sama dengan rangka atap yang menggunakan kayu. Namun, para ahli dan orang-orang yang bergelut di dunia konstruksi rumah lebih condong menyarankan untuk menggunakan atap baja ringan. 

Source: www.popeti.com

 

Baja ringan tak akan menyetrum jika tak ada pemicu

Dilansir dari Okezone.com, Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI) menyebut tidak masalah meskipun konstruksi rumah menggunakan baja ringan. Sebab, baja ringan tidak menyetrum secara langsung jika tak ada pemicu. Ketua Umum AKLI DKI Jakarta Puji Muhardi mengatakan, baja ringan berbahaya apabila baja ringan tersebut teraliri oleh listrik. Namun jika hanya sebatas baja ringan tanpa tersentuh aliran listrik, baja ringan tidak akan membahayakan.

 

Mencegah risiko sengatan listrik dari atap baja ringan

Risiko sengatan listrik bisa dicegah dengan mengamankan instalasi listrik pada rangka atap baja ringan. Seperti ini misalnya:

1. Meletakkan instalasi di tempat aman

Source: www.dekorumah.com

Posisikan instalasi listrik pada area yang tidak bersentuhan langsung dengan konstruksi baja ringan. Tempel langsung pada dinding, atau jika terpaksa ditaruh pada besi, bisa dibuat  posisinya dengan digantung.

 

2. Pilih material instalasi dengan kualitas terbaik

Source: www.jasaelectrik.com

Pilih pembungkus kabel dengan material terbaik yang membuatnya terhindar dari gigitan tikus. Sebab, kabel yang tergigit rentan menyetrum. Walaupun lebih mahal, kabel dengan bahan yang kuat tentu lebih aman. 

 

3. Bungkus semua kabel listrik dengan pipa conduit

Source: www.shutterstock.com

Pipa conduit bisa membuat kabel listrik lebih tahan lama dan aman dari risiko tergores sehingga isi tembaga keluar dan rentan terjadi kebocoran instalasi.

 

Minta bantuan ahli untuk proses instalasi

Supaya tak kena setrum, memasang instalasi yang sesuai tentunya harus diserahkan kepada ahlinya dan bukan sembarangan orang.

 

Matikan aliran listrik saat melakukan perbaikan di rumah

Sebaiknya matikan dulu aliran listrik jika ingin melakukan perbaikan di bagian rumah dengan melepas sekering/MCB di rumah. Berhati-hati lah dan pastikan tidak ada kabel yang tersentuh baja saat pengerjaan.